Ayam pop menjadi salah satu hidangan favorit bagi banyak orang. Makanan ini adalah salah satu hidangan yang berasal dari daging ayam khas Padang, Sumatera Barat. Popularitas ayam ini, bahkan tidak kalah dari masakan Padang lainnya seperti rendang, dendeng balado atau gulai itiak.

Ayam ini memiliki tampilan putih pucat dan cukup membedakannya dengan olahan ayam lainnya. Namun jangan tertipu penampilan ayam ini, makanan ini dengan tekstur yang lembut dan bercita rasa gurih. Bahkan makanan kaya aroma rempah ini berhasil membuat banyak orang ketagihan.

Ayam Pop Khas Sumatera Barat, Beda dari Ayam Goreng Biasa
theasianparent.com

Ayam Pop Kuliner Khas Sumatera Barat

Makanan ini memiliki cara masak yang unik dan autentik. Untuk mendapatkan rasa gurih dan kaya rempah, maka harus merebusnya dalam bumbu serta air kelapa. Hidangan yang biasanya menggunakan daging ayam kampung ini melalui proses rebus dengan banyak bumbu. Mulai dari bawang putih, bawang merah, jeruk nipis, daun salam, lengkuas, dan garam.

Selanjutnya, proses memasak ayam ini dalam rebusan air kelapa. Tak hanya menambah rasa gurih, namun air kelapa juga dapat membuat dagingnya lebih empuk. Biasanya makanan ini tersaji tanpa kulit. Namun, proses memasaknya harus tetap bersama kulitnya. Kulit ayam juga dapat menambah cita rasa gurih pada ayam ini.

Rasa gurih ayam ini menjadi semakin nikmat, saat menyantapnya dengan sambal. Namun, ayam ini biasanya memiliki sambal yang agak berbeda dari kebanyakan sambal khas masakan Minang. Hidangan yang satu ini dengan sambal khas yang tidak digoreng yang akan menambah kelezatan ayam ini.

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, kini Anda dapat mengunjungi web djuragankamar. Selain itu, juga dapat mengunduh aplikasinya melalui Playstore ataupun APP Store.